Yayasan Peduli Fajar Imani

Menyalakan Lampu dengan Android dan Arduino

Ditulis oleh agan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Halo sobat boarduino, berjumpa lagi dengan saya. Pada hari ini saya menyempatkan diri untuk memberikan tutorial sederhana kepada kalian semua, setelah sekian lama saya tidak menulis di blog ini dikarenakan pada saat itu saya sedang menghadapi Ujian Akhir Semester.


Dan pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan turtorial untuk komunikasi serial antara bluetooth modul dengan arduino, untuk mengaktifkan output berupa empat buah LED. Tutorial ini adalah simulasi saja, pada penerapan yang sebenarnya, output tersebut bisa untuk mengaktifkan Relay modul dan mengendalikan peralatan rumah tangga dengan Android anda :D

Alat dan Bahan yang dibutuhkan :
  • 1x Arduino UNO
  • 1x Bluetooth modul HC-06 / HC -05
  • 4x Resistor 330 Ohm
  • 4x LED ( Warna Bebas )
  • 1x Projectboard ( Breadboard )
  • Kabel jumper secukupnya 
  • Smartphone Android
  • Aplikasi android Boarduino. Silahkan klik DOWNLOAD

     Langkah - Langkahnya :

    1.)  Susunlah rangkaian berikut ini pada breadboard.


    Keterangan Konfigurasi Kabel :
    • Pin VCC pada Arduino dihubungkan ke Pin VCC pada HC-06 / HC-05
    • Pin GND pada Arduino dihubungkan ke Pin GND pada HC-06 / HC-05
    • Pin RXD pada Arduino dihubungkan ke Pin TX pada HC-06 / HC-05
    • Pin TXD pada Arduino dihubungkan ke Pin RX pada HC-06 / HC-05
    • Pin 2 pada Arduino dihubungkan ke Anoda LED 1
    • Pin 3 pada Arduino dihubungkan ke Anoda LED 2
    • Pin 4 pada Arduino dihubungkan ke Anoda LED 3
    • Pin 5 pada Arduino dihubungkan ke Anoda LED 4
    • Hubungkan semua katoda LED1 sampai LED4, lalu di jumper ke GND
    Apabila ente ingin mengganti LED dengan Relay Modul 5Volt, maka susunlah seperti ini
    2.) Setelah itu sambungkan Arduino pada Laptop/PC dengan menggunakan kabel serial.
    3.) Download dan Install program Arduino IDE di Arduino.cc ( If Needed )
    4.) Setelah terinstall, jalankan program Arduino-nya.
    5.) Klik menu "Tools -> Board -> Arduino Uno"
    6.) Klik menu "Tools -> Port -> ( Pilih Port arduino yang terdeteksi di komputer anda )
    7.) Lalu masukan Sketch dibawah ini, dan terakhir klik upload.

    Klik LIHAT DONG untuk melihat sketch
    char val;
    void setup() {
      pinMode(2,OUTPUT);
      pinMode(3,OUTPUT);
      pinMode(4,OUTPUT);
      pinMode(5,OUTPUT);
      Serial.begin(9600);
    }

    void loop() {
    if( Serial.available() >0 ) {
        val = Serial.read();
        Serial.println(val);
    }
      if( val == '1' ) {
        digitalWrite(2,HIGH); }
      else if( val == '2' ) {
        digitalWrite(3,HIGH); }
      else if( val == '3' ) {
        digitalWrite(4,HIGH); }
      else if( val == '4' ) {
        digitalWrite(5,HIGH); }
      else if( val == '5' ) {
        digitalWrite(2,HIGH);
        digitalWrite(3,HIGH);
        digitalWrite(4,HIGH);
        digitalWrite(5,HIGH);
     }
      else if( val == 'A' ) {
        digitalWrite(2,LOW); }
      else if( val == 'B' ) {
        digitalWrite(3,LOW); }
      else if( val == 'C' ) {
        digitalWrite(4,LOW); }
      else if( val == 'D' ) {
        digitalWrite(5,LOW); }
      else if( val == 'E' ) {
        digitalWrite(2,LOW);
        digitalWrite(3,LOW);
        digitalWrite(4,LOW);
        digitalWrite(5,LOW);
      }
    }

    Lihat video dibawah ini untuk Simulasinya.



    [UPDATE] Cara membuat aplikasi Android [Recontooth]

    Karena banyaknya email dari agan-agan yang masuk ke inbox ane dan bertanya Bagaimana cara membuat aplikasi androidnya, maka dari itu ane update postingan ini dengan menambahkan video tutorial cara membuat aplikasi android untuk arduino, yang bernama Recontooth :)

    Klik LIHAT GAN untuk melihat request tutorial dari agan-agan


    Maaf sebelumnya gan, bukan maksud ane menggurui... karena ane juga sama masih belajar.
    Ingat gan pesan ane, jangan sampai ente atau kalian "Mengemis Source Code".
    Karena bila mengemis source code untuk kepentingan individu, tanpa ada rasa sedikitpun untuk mempelajari dan memahami dari source code tersebut, Apakah itu disebut "Belajar?"
    jangan malu bertanya ya gan, lebih baik bertanya daripada sesat dijalan. Kenapa?
    Karena kalau newbie yang ada kemauan untuk belajar, suatu saat akan menjadi master!


    Langkah - Langkah membuat aplikasi Android :
    • Pertama, mari kita ke website App inventor 2 Online silahkan klik MIT App Inventor 2
    • Setelah itu, langsung saja di Simak dan Praktekan Video Tutorial dibawah ini gan :) 
    • Kembangkan sendiri layout aplikasi buatan ente, sesuka ente.
    • Happy inventing gan, jangan lupa mainkan Logika dan Imajinasi ente ya...

    [NOTE] Jika kalian berkomentar dan sudah di approve, tetapi tidak muncul maka silahkan klik "load more..." hingga load morenya hilang, dan komentar kalian akan muncul.


    Terimakasih telah berkunjung, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

    Blog, Updated pada: 17:03:00

    370 comments:

    1. Gan saya ingin berdiskusi lebih lanjut tentang arduino ini gan untuk skripsi.bisa dibantu gan..?
      ini email saya 70di.chandra@gmail.com

      ReplyDelete
      Replies
      1. Oke gan, silahkan ente kirim email ke ane, semoga ane bisa membantu..

        muhandi.prasetyo@gmail.com

        Delete
    2. Gan kalo listing program JAM dengan arduino ada gak?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Maaf gan. untuk sementara ini belum ada, soalnya kebetulan ane belum punya modul RTC dan 4 Digit Seven segmentnya, jadi belum bisa ane posting tutorialnya di blog ini.

        Delete
      2. gan saya sudah kirim email,., harap balas y gan

        Delete
      3. Iya gan, sudah saya balas.. Salam kenal :)

        Delete
    3. izin sedot.. bro.. thx b 4 :-)

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya bro, terimakasih juga udah berkunjung ke sini :)

        Delete
    4. mas bro punya tutor kontrol led menggunakan android, tapi lewat kabel usb otg.?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sedang dalam proses nih gan, kebetulan ane juga baru beli USB OTG :)
        Ditunggu saja di blog ini ya postingannya, Terimakasih telah berkunjung!

        Delete
      2. Gan mau tanya seumpama bisa ngk menjalankan aplikasi android dari arduino?

        Delete
    5. saya ingin membuat ini menjadi alat T.A saya gan..
      saya butuh bimbingan anda..masalah dana nanti kita negosiasikan..
      ini no saya: 085262470056 .. email. hipekasumut@yahoo.co.id
      mohon di bantu gan..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal agan Ari Dwiki, untuk berdiskusi lebih lanjut silahkan kirimkan email ke muhandi.prasetyo@gmail.com

        Semoga saya bisa membantu :)

        Delete
    6. Bang Arduino dan HC nya abang beli Online Kaga. Nanti saya Send mail ke abang untuk tanya-tanya lainnya . Makasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal Eko Oktariansyah :)
        Iya ane beli Arduino dan Modul bluetootnya di toko online... Terimakasih.

        Delete
      2. Beli dimana Bang . Yang terpercaya lah . :)

        Delete
      3. Kalau saya sendiri biasa beli di tokopedia.com bang,

        Delete
      4. ok sip bang. Gini bang kalo saya mau ganti output ny (LED) diganti dengan lampu AC (Lampu Di ruangan). Itu gimana cara pasangnya bang ?

        Delete
      5. Pakai relay modul yang 5V aja gan, terserah mau yang berapa channel. Penampakannya seperti ini gan https://goo.gl/nkAqn6

        Delete
      6. Sip trima ksih bang . klo saya ada pertanyaan laen. mhon dijwab ya :)

        Delete
      7. Sama sama, insyaAllah saya jawab sebisa saya..

        Delete
      8. bang cara masukin programnya itu gmna. pake downloader juga gak ?

        Delete
      9. Saya pakai arduino Uno R3, tidak butuh downloader seperti usbasp lagi.

        Delete
      10. Bang itu kan cuma Program Buat Relay aajee. Bisa kagak saya pakai 2 program skaligus dalam arduinonya ?

        Delete
      11. Maksudnya 2 program itu bagaimana? kalau 2 program di upload ke Arduino jelas tidak bisa, pasti akan tertimpah. Kalau menambahkan program lain, contohnya Sensor suhu, dll bisa.

        Delete
      12. Gini Bang. Kan ini program buat di pencet ya tombol nya. Nah kan di blog abang nih kan ada juga tuh yang pakai suara buat hidupin lampunya. Pertanyaannya : Bisa kagak saya masukin 2 program tersebut ???

        Delete
      13. Oh kalau begitu ma tentu saja bisa gan.

        Delete
      14. gan saya mau menyambungkan Bluetooth nya pada andro saya. Tapi Kenapa Kok tidakDetect Bluetoothnya. Itu gimana Solusinya gan ?

        Delete
      15. Sebelumnya ente belum pernah pairing dengan modul bluetoothnya?
        Solusinya dihubungkan secara manual dulu dengan cara :

        1.) Aktifkan Bluetooth Android
        2.) Masuk Ke Settingan Bluetooth pada Android
        3.) Hubungkan dengan modul bluetooth anda
        4.) Setelah sukses terhubung, matikan kembali bluetooth android
        5.) Buka Aplikasi boarduino, lalu izinkan mengaktifkan bluetooth
        6.) Klik icon bluetooth pada aplikasi boarduino

        Selesai, maka modul bluetooth ente akan terdeteksi di aplikasi boarduino.
        Apabila sudah terdeteksi, maka untuk menghubungkannya lagi tidak perlu melakukan dari Step 1 sampai 6. Goodluck :)

        Delete
      16. gan cara liat programnya udah masuk ke arduino itu gimana ?

        Delete
      17. Pada saat upload, tidak muncul pesan error.
        Itu artinya programnya sudah masuk ke Board arduino.

        Delete
      18. Udah gan, trus juga Bluetooth juga udah fix. tapi pas saya klik pada andronya. Tidak ada respon dari LED nya. Mohon Solusinya

        Delete
      19. Sepertinya saat proses upload belum berhasil.
        Pastikan saat mengupload programnya, ente cabut dulu pin yang 5V dari Arduino ke modul bluetooth, lalu upload programnya agar sketch sukses terupload. Setelah itu hubungkan kembali pin 5V tersebut.

        *NOTE: Bila tidak dicabut, maka modul bluetooth akan bertubrukan dengan Pin RX TX Arduino. (Karena sketch tidak menggunakan library SoftwareSerial)

        Delete
      20. Apakah pada saat Upload Sukses Lampu nya akan menyala selalu ?
        Soalnya pada saat Upload berjalan . Lampu RX dan TX hidup berbarengan, apakah itu menandai bahwa pin RX dan TX tersebut bertubrukan ?

        Delete
      21. Pada saat proses upload, memang seperti itu indikator RX dan TX akan aktif.
        BTW, Sudah dicoba belum saran ane tadi? Cabut dulu sumber Positif dari Arduino ke Modul bluetooth saat upload sketch. Selamat Mencoba :)

        Delete
      22. ini bang udah itu lampu yg di atas RX dan TX bang. PWM kalo ga salah. Itu slalu hidup atau gak ?

        Delete
      23. PWM? ada apa dengan PWM gan? pada tutorial diatas kita menggunakan Output digital.

        Kalau sketch sudah berhasil di upload, coba buka serial monitor dengan baudrate 9600, lalu hubungkan aplikasi android dengan modul bluetooth dan klik sembarang tombol (ON atau OFF). Apabila serial monitor menampilkan data saat button ditekan, maka komunikasi serial berhasil.

        Delete
      24. Gan, tadi ane coba sukses. Tapi pas saya mau colok kin Lampunya. Malah ga berhasil lagi sampe skrng. Mohon Solusi ?

        Delete
      25. Suksesnya di bagian mana? di serial monitor? dan coba jelaskan lebih detail gak berhasilnya dimana, biar ane bisa kasih solusinya.

        Komunikasi di FB saja gan biar cepat, ini akun ane www.fb.com/fansblink

        Delete
      26. Terima Kasih bang. Saya sudah cek sendiri ternyata kabel konektor dari TX bluetooth ke kabel RX Arduino. Terima Kasih Bang atas Solusi dan Programnya. Saya tinggal persentasi dan pake mekanik nya doang :) . Terima Kasih Banyak Sekali lagi.
        Nama : Eko Oktariansyah
        Asal : Palembang
        Pendidikan di : Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang

        Delete
    7. Gan saya tertarik dengan control arduino, saya pemula ingin belajar, saya sudah beli arduino uno, tapi saya blom bisa memahami programnya, bagaimana sya bisa mempelajari dngan cepat adakah tutorialnya atau buku untuk mmpelajari nya dngn cepat

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal mbak Aisyah Juliani :)
        Untuk pemula, sebaiknya mempelajari terlebih dahulu bahasa pemograman yang digunakan Arduino, Komponen dasar, serta modul modul untuk arduino.

        Buku yang berjudul "Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino" Karangan Abdul Kadir, menurut saya sangat cocok untuk pemula. Karena saya juga banyak belajar dari buku ini. Terimakasih

        Delete
    8. trims mas buat sharing ilmunya... kalau boleh saya juga mau berdiskusi dengan mas andi via email untuk pembelajaran mikrokontroler,,, salam kenal

      ReplyDelete
    9. Permisi mas..
      mau numpang nanya nih, klo cara pairing bluetooth dr aplikasinya gmana ya mas?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Coba lihat di video, hanya klik icon bluetooth, lalu pilih modul bluetoothnya.

        *CATATAN : Apabila saat anda klik icon bluetooth tetapi tidak muncul modul bluetoothnya, maka hubungkan secara manual terlebih dahulu (Seperti mau pairing dengan Handphone lain).

        Delete
    10. kereen,.. tp sy blm pnya arduino dan blm paham, mugkin pnya tutorial yang aplikasi menggunakan mikrokontrol avr atmega8 atau sejenisnya dengan bahasa.C ? trims

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terimakasih, Sebenarnya tidak harus menggunakan Arduino gan, bisa juga pakai jenis lain.. Dan aplikasi Androidnya juga bisa dipakai untuk mikrokontroller jenis lainnya dan Tinggal hanya disesuaikan saja pada hardware dan programnya :)

        Delete
    11. Maaf gan mau tanya, kalau komponen bluetooth untuk simulasi pada ISIS Proteus itu ada nggak ya? kalau ada apa namanya? apa harus menambahkan library dulu?
      Thnks..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau untuk simulasi pada ISIS Proteus, bisa menggunakan virtual terminal gan untuk komunikasi serial dengan mikrokontroller. Bisa sebagai modul bluetooth, maupun GSM modul.

        Delete
    12. keren mas tutorialnya, dari web inilah projek arduino pertama saya berhasil (lampu led,voice, mobil rc) yang smuanya dkontrol dr android.. sy jd penasaran ingin bisa design sendiri aplikasi tombol di androidnya. boleh dong share video tutorial mit app buat menyalakn lampu dgn androidnya.. Sukron mas MAP

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terimakasih mas, InsyaAllah kalau ada waktu dan kesempatan lain nanti saya posting tutorial membuat aplikasi Android Recontooth nya.

        Untuk sementara, ente bisa liat tutorial di link ini http://goo.gl/AjXRCf dan http://goo.gl/EevWJG untuk membuat aplikasi android untuk Arduino, dan kalau bisa silahkan dikembangkan dari tutorial tersebut :)

        Delete
    13. permisi mas, mau tanya tanya, kebetulan ini mirip dengan proyek akhir saya
      untuk database yang digunakan apakah inisial untuk on/off itu HIGH LOW ?
      terimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Normalnya ON/OFF itu HIGH/LOW... tetapi ada perangkat yang active low, contohnya relay yang bila diberikan logika LOW maka akan ON.

        Delete
    14. mas, ane pengen diskusi tentang arduino kontrol lmpu dengan android, ane cum pake wifi module gak pake bluetooth

      ReplyDelete
    15. terima kasih tutorial nya, ane mau nanya, modul punya ane gk mau disearch manual d android, apa modulnya rusak mohon bantuannya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yap, coba diliat dulu gan apakah indikator modul bluetoothnya berkedip? kalau berkedip tandanya bluetooth sudah stand by.

        Delete
    16. gan klo di windows 8 ga bisa ya..?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Arduino IDE nya? bisa.. saya pakai Arduino IDE versi 1.6.5 di windows 8.

        Delete
    17. halo gan silken sya Kevan...... sya ada project karya ilmiah nihh buat di sma..... sya klo bleh mnta bantuan dan utk komunikasi lbih lnjut bleh mnta wa/line/emailnya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Halo, salam kenal :) untuk komunikasi silahkan email saja gan ke muhandi.prasetyo@gmail.com

        Delete
    18. Terimakasih tutorialnya mas, smoga bermanfaat. btw ini mirip2 dengan TA ane untuk komunikasinya. Kapan2 ane boleh diskusi dgn mas ttg komunikasi android-arduino dengan bluetooth via email ya mas.. salam kenal..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Amiin semoga bermanfaaat, untuk berkomunikasi dengan saya di muhandi.prasetyo@gmail gan, salam kenal :)

        Delete
    19. terima kasih mas.... sangat bermanfaat, mdh2an jd amal kebaikan buat mas,,,,
      mau nanya nih mas, bgmn tes modul hc-05? soalnya punya ana setelah dimasukan power led tdk menyala..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Amin Ya Rabbal 'Alamin, terimakasih juag sudah berkunjung :)
        Test untuk komunikasi serial atau bagaimana? indikator modul HC-05 nya tidak berkedip?

        Delete
    20. Permisi, saya mau tanya lebih lanjut. Kalau bluetoothnya diganti dengan wifi esp8266. Bagaimana rangkaiannya, apakah ada tambahan peripheral lain, dan bisa tetap pakai aplikasi boarduino atau tidak?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal, kalau menggunakan ESP8266 bisa cek artikel di link berikut ini mbak http://goo.gl/ZGx0Xz

        Delete
    21. mas..
      saya mau aplikasi arduino di sepeda motor...
      dengan menggunakan bluetoot untuk hidup motor dan menyalakan stater
      bisa gk yh...
      mohon di bantu...
      surya.les1987@gmail.com

      ReplyDelete
    22. Terima kasih mas, sangat bermanfaat sekali. Saya mau tanya mas, semisal kalau dibuat untuk lampu ac 220 volt/lampu rumah caranya bagaimana? Apa harus pakai inverter?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama sama. Kalau mau dipasangkan dengan 220v pakai Relay saja sebagai drivernya, tak perlu inverter.

        Delete
    23. mas apakah di dalam arduinonya di upload sorce code juga
      trimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Arduino di upload sketch atau program yang ada di atas.

        Delete
      2. terus kalau buat arduinonya memakai MIT App inventor, itu source codenya apakah tinggal tarik aja mas, seperti yang ada di vidio mas, apa coding sendiri mas, seperti coding buat arduinonya, trimakasih mohon bantuannya mas :)

        Delete
      3. Iya, tinggal tarik seperti di video...

        Delete
    24. Assalamualaikum. Baru" ini saya menggunakan arduino utk kontrol relay via ir remote.
      Pertanyaan saya: Apakah. modul relay yg aktif LOW bisa dirubah menjadi aktif HIGH ? Padahal saya berharap relay baru aktif jika mendapat logic 1 seperti LED Jdi pd saat stanby relay tdk aktif.
      Saya jg sdh mengedit sketchnya. misal fungsi LOW menjadi HIGH tpi tdk berhasil.
      Saya berharap agar mas bisa memberi solusinya..
      Dan atas jawabannya saya ucapkan byk terima kasih. :-)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Waalaikum salam, Salam kenal gan :)
        Untuk hardware relaynya, bila ente sudah terlanjur membeli yang Aktif LOW maka tidak bisa diubah gan. Solusinya ya diubah pada sketchnya, ditambahkan saja program untuk mematikan relay pada bagian void setup.

        Contoh : digitalWrite(relay, HIGH); //Untuk aktif LOW

        Delete
    25. gan kalo mau pake led dengan watt yang agak besar bisa langsung colok gak...?? ato nambah alaat lagi, maklum ane masih newbe gan

      ReplyDelete
      Replies
      1. LED? kalau LED bisa langsung dipasangkan di output arduino gan. Tapi kalau yang ente maksud adalah lampu seperti bohlam, butuh relay modul untuk mendrivernya.

        Delete
    26. Alhamdulillah gan,postingan ente ngebantu banget gan, ane pusing nyari nyari referensi dari bule-bule di youtube tapi gak ada gan,eh taunya ada anak bangsa sendri yang bisa bantu hehe,BTW semoga jadi barokah gan ilmu nya :)

      salam Teknik Elektro gan!!

      ReplyDelete
      Replies
      1. Amiin, terimakasih juga telah berkunjung dan berkomentar gan :)

        Delete
    27. Assalamu'alaikum
      salam kenal sblmnya gan, sya ingin merancang sebuah kontroler lampu dalam sebuah ruangan menggunakan arduino kira2 bahan apa saja yg di perlukan ?
      terimakasih :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Waalaikum salam, Salam kenal.
        Bahan yang dibutuhkan Arduino, Modul bluetooth, Relay Modul, Kabel jumper, Dan Smartphone Android.

        Delete
    28. Gan klo umpama val = 1, mengeksekusi led1 nyala 1 detik dan led2 nyala terus, codingnya gimana ya gan?? ane ud nyoba2 tapi belum solved.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Coba ini gan, mungkin sesuai dengan yang ente maksud.

        if( val == '1' ) {
        digitalWrite(led1,HIGH);
        delay(1000);
        digitalWrite(led1,LOW);
        digitalWrite(led2,HIGH);
        }

        Delete
    29. permisi om mau nanya, saya rencana mau masang relay modul ke lampu rumah, nah cara masangnya gimana ya? trims sebelumnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal, untuk lampu rumah bisa dengan wiring seperti gambar ini http://goo.gl/GCNSmL

        Tetapi harus hati-hati gan bermain dengan tegangan tinggi.

        Delete
      2. saya udah liat gambarnyaa gan, nah itu kan in nya dari pin 7 berarti sketchnya harus diubahh ? terima kasihh


        Delete
      3. PIN 7 yang digambar itu disesuaikan saja dengan PIN yang di sketch diatas gan, yaitu PIN 2, 3, 4 dan 5.

        Delete
    30. Salam kenal mas Gan?

      Mau tanya kalau hanya bluetoot dari hp kita saja yg dikenali di bloetooth clientnya gimana tuh konfigurasinya?

      Trims

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal, kalau mau cuma modul bluetooth ente yang dikenali. Hilangkan saja listpicker, lalu pada screen 1 tambahkan logika IF ELSE dengan Call bluetooth client dan masukan Adress bluetooth ente. Selamat mencoba.

        Delete
    31. Salam kenal..Gan apakah program menghidupkan lampu lewat android bisa di aplikasikan di rumah dengan lampu di atas 5 watt.,terimakasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Gan, saya mau tanya. pas bluetooth saya terconnect, led saya kedap kedip sendiri sesuai dengan kedap kedap led TX yang di modul arduino nya gan??? bisa bantu gan apa permasalahannya??

        Delete
      2. Masalahnya dimana? modul bluetooth memang berkedip kedip indikatornya.

        Delete
    32. Salam kenal... Gan klau mau ditambahkan display gmana gan?? Mksih gan.. Krim ke email saya gan.. Modifer23@gmail.com mksih bnyak sebelum a.. Buat TA

      ReplyDelete
    33. mlm mas andy,,mau tanya mas,,klo pke relay 4chanell,apa scetchnya msh bsa pake yg itu? sama saya msh bngung cara wiring ke lampunya,,saya pke LED,,cz bru itu yg punya,,mksh

      ReplyDelete
      Replies
      1. Malam, kalau relaynya Active LOW tinggal diubah aja HIGH menjadi LOW. Kalau pakai relay active HIGH, biarkan saja sketch seperti itu bisa.

        Wiringnya secara seri dari 220V, Hati hati bermain dengan tegangan tinggi.

        Delete
    34. malam, mas mau tanya kalo buat aplikasi android pake android studio gimana mas? apakah caranya (codenya) kurang lebih sama dengan MIT app inventor 2? terima kasih

      ReplyDelete
    35. Mas ini untuk pairing dari arduino ke androidnya bisa pake kode ga buat keamanannya? saya mau aplikasikan ke motor. Terimakasi mas

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tentu bisa, saat mau pairing dengan Modul Bluetooth kan butuh PIN... ubah saja PIN default 1234 menjadi pin yang ente mau. Cara mengubahnya, masuk AT Command modul bluetoothnya.

        Delete
    36. salam kenal gan,,
      ane mentok di langkah upload sketch arduino(utk program di atas) ke arduino board...tp ane coba upload "blink" berhasil program running..
      mohon pencerahan...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal, Pastikan cabut terlebih dahulu kabel RX dan TX pada saat mengupload sketch diatas...

        Delete
    37. Mas... aku minta email.y ... boleh ?? maw lanjut tanya2 tentang ini....
      ini emailku Mas... farisredland@gmail.com

      ReplyDelete
    38. halo gan mau nanya donk masih nubi masalah arduino tp pengen belajar nih
      itu tanpa arduino cuma Bluetooth modul HC-06 / HC -05 doang bisa gak?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal Nay hikm, kalau hanya dengan Modul bluetooth saja tidak bisa mas. Pada tutorial diatas, modul bluetooth untuk komunikasi antara arduino dan android.

        Bila ente ingin tanpa arduino, bisa pakai modul ESP8266 standalone.

        Delete
    39. Gan untuk implementasi menggunakan Lampu Pijar atau Lampu neon apakah bisa?

      ReplyDelete
    40. gan saya mau tanya apa bisa kita mengontrol kecerahan lampu AC menggunakan arduino?
      terimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa mas. Dikontrol dengan PWM, butuh rangkaian tambahan.

        Delete
    41. Tutorial dari blog ini sangat² bagus untuk belajar.

      Mudah²an amal ibadah mas Muhammad Andi Prasetyo di balas berlipat² oleh Allah SWT.
      Ammiiinnnn.. :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terimakasih mas Amarduino, Amin Ya Rabbal Alamin :)

        Delete
    42. Maaf min mau tanya, ini LED biar bisa dikontrol lewat web gimana yah caranya? memakai pemrograman web yang apa? dan jika ada tutorialnya biar LEDnya bisa dikontrol lewat browser wifi tolong ya min dibantu carikan hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Coba ente kesini https://goo.gl/ atau ke sini https://goo.gl/

        Delete
    43. maaf mas saya ingin bertanya, ini kan saya sudah membuat aplikasi android di MIT App Inventor 2, nah kenapa ya mas pas saya jalankan di aplikasi bluestack, pas saya ingin memilih bluetooth tidak ada yang terdeteksi? mohon pencerahannya mas

      terima kasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Coba dijalankan di device android, jangan emulator.

        Delete
    44. Gan andi : ada tutorial seperti yang di video ini gak ?

      http://m.youtube.com/watch?v=G9Z8tv5537MM

      Pake Modem Wavecom Fastrack dengan konektor RS232 dan Arduino.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saya belum ada Modem wavecomnya gan, coba cek di blognya bang taufik nih di link ini http://goo.gl/5NQYMl

        Delete
    45. gan klow 1 tombol buat nyalakan lampu secara bersama dengan 2 pin arduino yang berbeda bisa g ya gan maklum baru newbie

      ReplyDelete
    46. Gan tolong bales email ane dong. Btuh pencerahan nih.

      ReplyDelete
    47. mas,posting lagi donk,proyek yang lain

      ReplyDelete
      Replies
      1. InsyaAllah nanti di awal tahun 2016 akan ada postingan terbaru lagi, mohon maaf untuk bulan Desember ini saya tidak sempat untuk posting karena kebetulan lagi banyak kesibukan di dunia nyata. Harap maklum.

        Delete
    48. gan kalau diatas kan tutorial bikin button/tombol, kalau tutorial bikin aplikasi buat ngirim teksnya gmn yaa??

      ReplyDelete
      Replies
      1. Coba lihat di artikel di blog ini yang berjudul "Cara membuat aplikasi Android Textduino untuk Arduino"

        Delete
    49. sangat mudah untuk dipahami.. toolsnya juga mudah digunakan.. terima kasih agan andi

      ReplyDelete
    50. gan klo blotoothnya di ganti dengan intenet shild bisa?gmn konsepnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tentu bisa gan, tetapi maaf ya kebetulan ane belum punya internet shieldnya... ane pakainya ESP8266, coba ketik "ESP8266" pada searchbox di pojok kanan atas halaman blog in :) Goodluck

        Delete
    51. tutorialnya sangat mudah dipahami mas dan rangkaian bekerja sesuai tutorial :D
      mau nanya tentang membuat aplikasi andro di mit app inventor, kalo misalnya untuk menghidupkan/mematikan led dengan android dan ada balasan dari arduinonya itu gimana ya mas tutor membuat aplikasi mitnya? seperti aplikasi "bluetooth terminal" terimakasih mas sebelumnya ��

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal Lela, Terimakasih telah berkunjung dan berkomentar... Untuk cara membuat aplikasi android untuk Send dan Get data seperti Blueterm adalah hanya tinggal menambahkan 1 buah label pada layout, lalu pada block program dibuat set label menjadi bluetoothClient.Receive (Untuk menerima).

        Kalau tutorial diatas kan hanya bluetoothClient.Sendtext (Untuk mengirim). Selamat mencoba :)

        Delete
      2. projectnya sangat bsgus gan:)
        mau nanya nih gan lw di tambahin sensor cahaya dan di atur dengan potensiometer gimana sketch nya gan? soalnya say mencoba men yatukan sketch keduanya selalu eror

        Delete
      3. Thanks, rencananya hasil output sensor cahaya dan potensionya mau di jadikan apa?

        Delete
    52. gan mau tanya,, gmana ya setting bluetooth HC-05 ... saya sudah masukkan AT di serial monitor arduino tapi tidak ada pemberitahuan error atau OK di serial monitor,,, sdah saya coba cara lain tapi nda bisa gan ... gmana ya solusinya :(

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal gan. kalau ente mau masuk Mode AT pada HC-05, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

        1.) Masuk mode AT HC-05 dengan arduino board atau USB TTL?
        2.) Sesuai datasheet HC-05 bila untuk masuk mode AT, pin Key(34) diberi logika HIGH.

        Selamat mencoba, Semoga berhasil.

        Delete
      2. Gan, ada tutorial lengkapnya gk gan tentang masuk mode AT HC-05, pakai USB TTL atau arduino board, atau videonya?? Ane masih bingung gan :(

        Delete
      3. Tutorialnya masih saya susun, ditunggu saja di blog ini.

        Delete
      4. Ok, Agan sya tunggu,,, TerimaKasih gan ;)

        Delete
    53. Mas mau tanya, kalo tombol 2 mo di setting tekan on lepas off merubah codingnya dibagian mana? sudah saya coba gagal terus, :(
      mohon pencerahannya. trims

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal. kalau mau Tekan ON dan saat dilepas OFF, gunakan touchdown dan touchup pada button.

        Touchdown = apabila ditekan
        Touchup = apabila dilepas

        Selamat mencoba.

        Delete
    54. Assallamuallaikum...Permisi gan,kalo bluetoothnya diganti dengan remote infrared bisa ga gan?kira2 komponen apa aja yg dibutuhkan?
      Bisa sekalian minta emailnya gan?email saya egaandriansyah37@gmail.com terimakasi banyak gan.....

      ReplyDelete
      Replies
      1. Waalaikum salam, tentu bisa... tetapi dengan sketch dan skema yang berbeda tentunya.

        Delete
    55. Klo mesen bluetooth modulnya sama sapa yak?
      Di bandar lampung susah nyarinya!

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal dan salam Untuk Kota kelahiran saya :D
        Kalau mau beli arduino dan kawan kawan, coba belanja online aja bro. Sudah Cek Tokopedia Belum? :)

        Delete
    56. assalamualaikum wr wb.
      Min, ane mau tanya, kalo masalah dana itu habis berapa ya? haha. Mohon bantuannya min, soalnya ane ada tugas akhir sekolah membuat sebuah proyek.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Waalaikum salam. untuk masalah dana, kalau tidak salah kurang dari 250rb sudah dapat semuanya, kecuali Smartphone androidnya :v

        Delete
    57. Gan saya Minta Aplikasi Buat Android,y Ada FB,BBM / Apalah yg Bisa Buat Tanya2 Buat Projeck UUK saya Bang,.!!

      ReplyDelete
    58. askum om.....
      om,klo project yg d atas kita coba dlu ga pake alat bisa ga om,,project kita buat d aplikasi ISIS..trus klo bisa cara running di programnya gmn y om,,,coz ane lum punya alatnya,,,hihihihi
      mkasih sblumnya,,,,

      ReplyDelete
      Replies
      1. Waalaikum salam, bisa om pakai Virtual terminal sebagai pengganti bluetooth modulnya.... Selamat mencoba.

        Delete
    59. sodara . bisa minta koding menyalkan led dengan android dan arduino . coz besok hari sabtu mau ujian mikrocontroler

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sketchnya sudah saya sertakan di artikel ini, coba lebih teliti.

        Delete
    60. program nya sukses gann... ty
      lupa minta izin sesot wkwkw

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sip, terimakasih telah berkunjung dan berkomentar gan :)

        Delete
    61. gan biar ada indikator kalo led itu nyala atau tidak kaya di projek relay sebelum nya itu apa ada coding baru ?

      apa ada tambahan lagi di android nya ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Project Relay sebelumnya yang ente maksud itu "Kontrol relay melalui Internet?"

        Kalau via internet, bisa get data (ON/OFF) nya dari website langsung. Tetapi kalau via bluetooth seperti tutorial ini, bisa ditambahkan sensor Arus atau LDR pada hardwarenya agar bisa tau Relay sudah ON/OFF atau belum gan.

        Delete
      2. hmmmm,okeey gan

        makasih banyak gann !

        terus update ya blog nya !

        Delete
    62. gan saya mau tanya niih...
      saya punya tugas untuk membuat proyek persis seperti diatas, tapi sebelum saya bisa menekan masing-masing tombol ON/OFF itu saya harus memasukan pasword terlebih dahulu. jadi tiap "relay" memiliki pasword masing-masing, dan hanya bisa digunakan jika saya memasukan pasword yang benar untuk masing-masing relay. kira-kira caranya buatnya gimana ya gan? tolong bantuannya yaa, soalnya saya baru pertama kali belajar "masih sangat awam". kalo boleh bisa buatin video tutorial atau tulisan tutorial juga nggak papa gan. Terima Kasih Banyak

      ReplyDelete
      Replies
      1. Gan, saya mau bantu jawab niih...
        Jadi tiap relay membutuhkan password untuk mengaktifkan/menonaktifkannya? bukan hanya login di awal saja?

        Dibuat saja bro, mudah kok itu... utak atik saja blok di App inventor, biar bisa sekalian memahami cara kerjanya.

        Delete
      2. Kalo cuma login diawal, setiap orang yg login kan bisa membuka semua tombol ON/OFF relay gan... Tapi yang ini beda. Jadi misal saya login di relay 1 ya saya hanya bisa pake tombol ON/OF di relay 1 aja yg lain nggak bisa. Brarti kan nggak bisa kalo login diawal, harus login disetiap relay...
        Naaah kalo kayak gitu gimana mas andi?

        Delete
      3. Iya mas, ane paham... Misal ada 8 relay jadi ada 8 password, gunakan item notofier yang ada di app inventor.

        Dibuat aja mas, logikanya apabila button di tekan maka muncul notifier dengan textbox dan button OK, bila password benar maka Relay ON tapi bila password salah, maka muncul text "Password salah!" dan relay tetap OFF. Selamat mencoba.

        Delete
    63. gan ane kan pake HC-05? kan di datasheet RX sama TXnya 3.3 Volt. ane kasih 5V, rusak ga ya gan? masih kedip-kedip sih led merahnya, dan masih konek. ngetes RX dan TX masih bagus gimana ya gan?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya, memang lebih baik dan seharusnya pakai 3,3V tapi bukan dari pin Arduino langsung, karena kurang ngangkat arusnya. Saran ane sih pakai power supply external.

        Tapi ane juga kebetulan tidak punya power supply external, jadi ane pasang langsung ke pin 5V. Dan sudah satu tahun lebih modul bluetooth ane masih sehat :D

        Delete
    64. Gan, jarak max untuk ngendaliin perangkatx berapa km?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau dengan menggunakan modul bluetooth, maksimal 15-20 meter saja... Kalau mau yang jauh bisa pakai Internet.

        Delete
    65. Permisi mas, setelah sketch yg sdh di upload ke arduino berhasil, sesuai dengan sketch agan, tapi menagapa stechnya tidak berfunsi dengan aplikasi agan ya. Apa perlu di upgrate boardloadernya. Mohon infonya gan

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal, bila tidak ada respon pada Arduino berarti ada kemungkinan Baudrate yang di sketch belum ente sesuaikan dengan baudrate modul bluetooth ente, atau RX dan TX terbalik.

        Delete
    66. Saya very ada pesan...
      Note : in expansion of macro 'HIGH' .
      Error compiling ....
      apanya yg salah gan... terimKasih...

      ReplyDelete
    67. salam kenal gan , ane udah email mohon dibalas.

      ReplyDelete
    68. malam gan,ane mau nanya donk, ane punya projek kurang lebih mirip sama kayak yang diatas cuman ane mau bikin kontrol 10 rellay masing rellaynya berfungsi sebagai on dan off dalam satu tombol, ada tutornya untuk membuat apk nya gak gan? salam kenal gan,,

      ReplyDelete
      Replies
      1. Malam, salam kenal. Untuk ON/OFF masing masing relay dengan 1 tombol? seperti aplikasi relay control internet yang ada di playstore? Mudah gan, yang harus ente siapkan adalah asset image untuk ON/OFF, nanti pada blok tinggal dikondisikan saja dengan logika If Else. Kirim email saja ke muhandi.prasetyo@gmail.com nanti akan saya kirimkan contoh blok untuk ON/OFF dengan 1 tombol :)

        Delete
    69. gan kalau pengen di tambah indikator menandakan lampu menyala setiap kita klik lampu yang di pilih gimana? mohon bantuannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tambahkan label untuk status ON/OFF. Apabila ON ditekan, jadikan labelText menjadi ON, apabila OFF ditekan jadikan labelText menjadi OFF.

        Delete
    70. Permisi master, ane pemula bgt nih, pengin bisa pake n buat proyek dg arduino tp ane lemah di program ..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal. ane bukan master, masih belajar juga. Mari kita belajar bersama :)

        Delete
    71. numpang tanya Gan, sebagai pemula mohon dijelaskan cara kerja aplikasi ini ( proses dari perintah on lalu dikirim melalui bluetooth berupa apa hingga diterima oleh mikrokontroler. terima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal, Data yang dikirim dan diterima :

        1.) Apabila button ON atau OFF ditekan, akan mengirimkan data bertipe text (ASCII) ke Arduino melalui bluetooth.

        2.) Dan pada Arduino, apabila ada komunikasi serial maka tampung hasil data text (ASCII) dari Android, dan masukkan dalam variable val yang tipe datanya char.

        Bila tipe data variable val bukan berbentuk char, maka jika Android mengirimkan text "1" misalnya, Maka data yang diterima Arduino akan "49" (Desimal).

        Delete
    72. saya udah email gan, mohon dibalas.
      salam kenal

      ReplyDelete
    73. Balas email saya gan, saya nanya sesuatu

      Terima kasih

      ReplyDelete
    74. Permisi bang.. saya mau ngangkat judul TA tentang arduino.. tapi saya masih pemula banget.. boleh minta emailnya ga? Mohon bantuannya.. salam kenal.. trims

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal, ini email saya muhandi.prasetyo@gmail.com

        Delete
    75. bang klo pake koneksi selain bluetooth bisa gak...pke sinyal telpon misalnya...jdi tinggal sms doank gitu bang...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal, tentu bisa. Via SMS, Internet, DTMF, Remote infrared, dan lain lain.

        Delete
    76. terimakasih min tutornya dan hasilnya memuaskan, 2 jempol buat mimin !

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal, Terimakasih kembali buat ente karena sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang "membangun" di blog ini, 2 jempol buat ente!

        Delete

    Masih Bingung atau Hal Lainnya? Silahkan Bertanya di Kolom Komentar :)

    ~ Dilarang SARA
    ~ Dilarang PORNOGRAPHY
    ~ Dilarang SPAM
    ~ Dilarang MENINGGALKAN LINK AKTIF
    ~ Maaf untuk Anonymous, tidak bisa Berkomentar.

    Apabila Komentar anda belum muncul, Tunggu sampai di Moderasi.
    Terimakasih atas Perhatiannya.


    English French German Spain Italian Dutch Russian


    Back to top